This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Siwi, Lilik Mei Tyas (2016) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui strategi Writing in the Here and Now pada siswa Kelas V SD Negeri II Jatiroto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri II Jatiroto. Hal ini dikarenakan pemanfaatan media dalam kegiatan kurang bervariasi. Guru masih sering menggunakan metode yang konvensional dalam pembelajaran sehingga membuat siswa merasa malas, jenuh dan tidak dapat membangkitkan motivasi atau minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Maka perlu diterapkannya strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu dengan menggunakan strategi Writing In The Here and Now .Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Writing In The Here and Now dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri II Jatiroto, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi setelah diterapkan strategi Writing In The Here and Now pada siswa kelas V SD Negeri II Jatiroto.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan penilaian non tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Writing In The Here and Now pada materi menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri II Jatiroto dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 73,07 meningkat menjadi 80 pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 72,82 meningkat menjadi 79,34 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan produk tulisan siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata menulis siswa pada siklus I sebesar 62 menjadi 73 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Keterampilan Metode Pembelajaran Puisi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Siwi Lilik Mei Tyas | ||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2016 01:39 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2020 04:27 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13863 |
Actions (login required)
View Item |