Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Kinerja Guru : Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darwan, Darwan (2016) Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Kinerja Guru : Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru melalui: (1) Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep, (2) Faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep, (3) Upaya pembinaan melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Supervisi akademik dilaksanakan Kepala Madrasah dengan menggunakan teknik kunjungan kelas, (2) Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisi akademik yaitu dapat meningkatkan kualitas pembalajaran, (3) faktor penghambat yang dialami oleh guru MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep adalah kurangnya media pembelajaran, (4) Upaya pembinaan yang diberikan kepala madrasah adalah rapat guru dan kelompok kerja guru, fungsinya membantu guru pada saat guru mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darwan, Darwandarwanshahi@yahoo.co.idD03209079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi Akademik; Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Darwan Darwan
Date Deposited: 08 Sep 2016 07:07
Last Modified: 11 Nov 2019 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item