This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hikmawati, Rosyidatul (2014) TAQWIIM MINHAJ TA’LIIM AL LUGHAH AL ARABIYAH FII BARNAAMIJ AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MIKSYAF BI JAAMIAH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Proses evaluasi kurikulum merupakan satu dari sekian faktor penting dalam pembelajaran. Faktor ini dinilai urgen guna melihat tingkat pencapaian program dan bisa dijadikan bahan awal untuk menentukan proses pembelajaran ke depan. Evaluasi tidak semata dilakukan untuk melihat kelemahan yang terdapat pada program tersebut, malainkan lebih dari itu untuk memperoleh format pembelajaran yang lebih baik.
Tesis ini merupakan penelitian yang menggunakan studi analisis-evaluatif, dengan cara menganalisis berbagai unsur yang terdapat pada Program Intensif Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kerja riset yang dilakukan peneliti ialah mengidentikasi berbagai unsur kurikulum pembelajaran dan melakukan diskripsi sebagai modal untuk pengembangan kurikulum.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam (indept interview), studi lapangan, dan pendekatan dokumentasi terhadap berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaankurikulum pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Surabaya.
Penelitian ini menyimpulkan,bahwa Program Intensif Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabayadinilai telah memuat berbagai unsur kurikulum pembelajaran yang meliputi tujuan, materi ajar, metode dan sarana, serta evaluasi pembelajaran. Namun, berdasarkan analisis dan evaluasi lebih lanjut terhadap berbagai unsur kurikulum tersebut ada beberapa poin penting yang kiranya dapat dijadikan perhatian serius agar tujuan program intensif bahasa ini bisa tercapai secara baik.
Pertama,proses pembelajaran Bahasa Arab hendaknya dapat difokuskan pada pengembangan pengetahuan dan kemampuan berbahasa siswa meliputi kemampuan berbicara, menulis, dan memahami Bahasa Arab sebagaimana yang termuat dalam tujuan pembelajaran. Kedua, dari sisi materi maupun evaluasi pembelajaran kiranya juga bisa disesuaikan dangan tujuan program yang sudah dicanangkan sebelumnya.
Sementara, metode dan media pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika disesuaikan dengan kebutuhan pengetahuan bahasa dan kemampuan berbahasa siswa sehingga semua unsur dapat mendukung pada pencapaian tujuan kurikulum.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Burhan Djamaluddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Kurikulum |
||||||
Keywords: | Kurikulum; Evaluasi Kurikulum; Program Evaluasi | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2015 06:09 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2015 06:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1397 |
Actions (login required)
View Item |