TATHWIIR AL KITAB “MUKHTASHARAT AL LUGHAH AL ARABIYAH” LITA’LIIM MAHARAH AL QIRA’AH : LITALAAMIDZ MADRASAH MUJAAHIDIIN AL TSANAWIYAH AL AHLIYAH SURABAYA AL FASL AL TSAANII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arisandi, Yusuf (2014) TATHWIIR AL KITAB “MUKHTASHARAT AL LUGHAH AL ARABIYAH” LITA’LIIM MAHARAH AL QIRA’AH : LITALAAMIDZ MADRASAH MUJAAHIDIIN AL TSANAWIYAH AL AHLIYAH SURABAYA AL FASL AL TSAANII. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan membaca secara khusus jarang diajarkan di SMA Mujahidin Surabaya. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta kurangnya kemampuan tenaga pengajar Bahasa Arab di sekolah tersebut dalam memproduksi buku ajar yang dibutuhkan. Inilah yang menjadi asumsi dasar peneliti untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengembangkan kitab
Mukhtasharatu Lughatil ‘Arabiyah untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca. (2)Untuk mengetahui efektifitas kitab Mukhtasharatu Lughatil ‘Arabiyah yang telah dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan membaca.
Ada 7 tahap dalam penelitian ini, yaitu : observasi Lingkungan, perencanaan desain, produksi kitab, validasi kitab, produksi prototipe, penerapan buku ajar, produksi prototipe terakhir. Hasil penelitian ini adalah :
1. Kitab Mukhtasharatu Lughatil ‘Arabiyah yang dikarang oleh Mukti Ali untuk kelas X-XII di SMA Mujahidin Surabaya, terdiri dari 6 pelajaran dan setiap pelajaran terdiri dari 3 bab yang berisi tentang kaidah Bahasa Arab. Tidak ada
bentuk latihan soal dan materi pembelajaran yang cocok untuk siswa di sana. Kemudian hadirlah kitab pengembang yang berjudul “ Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca ”. Kitab yang dikarang oleh Yusuf Arisandi ini terdiri dari 6 bab yang di dalamnya terdapat teks-teks dan latihan soal untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca mereka. 2. Setelah melihat hasil dari : pre test, post test, perbandingan antara T hitung dan T table, validasi tim ahli dan kuesioner siswa, ternyata kitab ini efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas XI di SMA Mujahidin Surabaya. Adapun hasil pre test ( 47,69 ), post test ( 62,31 ), T hitung ( 6,53 ) lebih besar dari T table ( 2, 485 ), validasi dari tim ahli ( 83,20% ) dan kuesioner
siswa ( 72,50% )

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nasaruddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arisandi, YusufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Metode
Keywords: Ketrampilan Membaca; Pengembangan Kitab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2015 06:46
Last Modified: 14 Mar 2015 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item