This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Purwandari, Anggi Dwi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BUSTANUL MUTA’ALLIMIN SETRO MENGANTI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik?.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model dari Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah perpaduan antara data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian ini dpat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan yang dicapai daalam penelitian. Hal ini dapat diketahui pada hasil observasi guru yang pada siklus I mendapat skor 65,47 meningkat menjadi 89,28 pada siklus II, dan hasil observasi siswa yang pada siklus I mendapat skor 65,38 meningkat menjadi 86,53 pada siklus II, 2) Adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik dengan metode Index Card Match. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil pra-PTK yang semula mendapat 65,90 menjadi 74,31 pada siklus I dan meningkat menjadi 85 pada siklus II, serta presentase ketuntasan hasil belajar yang semula 54,54% pada siklus I meningkat menjadi 90,90% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nadlir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Index Card Match; Metode Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2015 02:17 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2015 02:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1407 |
Actions (login required)
View Item |