This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Irawan, Dedy (2014) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Kiai sebagai pemimpin dalam lembaga pendidikan islam adalah suatu keharusan dan kebutuhan terutama bagi siswa, karena kiai bagi mereka merupakan sumber ilmu pengetahuan dan panutan dalam bertingkah laku, sebagai dinamisator dalam kelangsungan pendidikan islam serta sebagai motivator dalam belajar.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepemimpinan kyai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedang secara khusus tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) Bagaimana kepemimpinan kiai sebagai pendidik disekolah ?; 2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa di MA. Islamiyah Senori Tuban ?; 3) Bagaimana kepemimpinan kiai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA. Islamiyah Senori Tuban ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus (case study). Pengumpulan datanya menggunakan: (1) Wawancara mendalam; (2) Observasi partisipatif; dan (3) Studi dokumen, sumber data atau informan. Data yang diperoleh berupa kata-kata, kejadian, catatan, laporan, dokumen, dan buku yang diperoleh Dari kiai, tenaga pendidik, maupun dari madrasah. Adapun teknik analisis datanya menggunakan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, peran sentral kiai selaku pemimpin pendidikan dalam menjalankan roda pendidikan di MA. Islamiyah Senori Tuban dengan menerapkan konsep keikhlasan, perjuangan, berdikari dan prinsip-prinsip esensial pendidik lainnya, sehingga mereka bisa menerapkan nilai-nilai pendidikan holistik ini pada seluruh warga sekolah. Kedua, pandangan siswa di MA. Islamiyah Senori Tuban terhadap fungsi kiai sebagai tokoh teladan, guru dan motivator belajar siswa, telah melahirkan pengalaman individu siswa sehingga memunculkan motivasi : a) Perilaku siswa dalam disiplin beribadah; b) Disiplin belajar; dan c) Disiplin waktu. Ketiga, Motivasi siswa terhadap fungsi kiai sebagai tokoh teladan, sebagai guru (pengajar), kiai sebagai tokoh sentral, kiai sebagai pemimpin pendidikan dan sebagai motivator dalam belajar siswa, telah melahirkan pengalaman individu siswa sehingga memunculkan sikap dan suatu motivasi bagi seorang siswa
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syaifuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Kepemimpinan Kiai; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2015 06:42 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2015 06:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |