This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azmi, Mirza Fakhri (2016) An Analysis on Blended Learning Strategy Applied in Language Testing Course in English Teacher Education Department. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Blended learning adalah salah satu strategi mengajar yang diartikan sebagai penggabungan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Strategi mengajar blended learning muncul atas pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses keseluruhan yang terjadi selama pembelajaran language testing course dan juga persepsi mahasiswa terkait pembelajaran menggunakan strategi blended learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Analisa deskripsi kasus sebagai desain penelitian. Data penelitian diambil dari observasi kelas selama pembelajaran dan questionnaire serta interview kepada mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2015 yang mengambil mata kuliah language testing setelah proses pembelajaran selesai. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa pembelajaran tatap muka di kelas language testing menggunakan pendekatan kooperatif dengan jigsaw sebagai aktivitas inti pembelajaran. Sedangkan di kelas online, peneliti menemukan PeerWise yang digunakan sebagai web berbasis edukasi selama pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran menggunakan blended learning. Data penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terkait kelebihan blended learning adalah kesempatan terbentuknya komunitas belajar, fleksibelitas, meningkatkan interaksi antar mahasiswa, penggabungan yang terbaik dari pembelajaran tatap muka dan kelas online, dan komunikasi secara tidak langsung. Di sisi lain, persepsi mahasiswa terkait kekurangan pembelajaran menggunakan blended learning adalah terkait waktu, koneksi internet buruk, dan teknis penilaian ujian akhir semester. Kesimpulannya, kelas language testing yang menggunakan strategi pembelajaran blended learning berjalan dengan baik sesuai yang tertera dalam beberapa teori yang dijadiakan peneliti sebagai acuan. Sebagai tambahan, penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi guru atau dosen yang akan/sedang mengaplikasikan strategi pembelajaran blended learning di kelas tertentu, dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari strategi pembelajaran tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Inggris | ||||||
Keywords: | Blended Learning Strategy; Language Testing Course; Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Azmi Mirza Fakhri | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2016 02:38 | ||||||
Last Modified: | 06 Nov 2019 02:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14135 |
Actions (login required)
View Item |