This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maghfiroh, Lailatul (2013) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM OLEH H. MUHAMMAD MOLIK DALAM PENANGANAN MASALAH SOSIAL ANAK YATIM DI YAYASAN NURUL HAYAT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana manajemen pengembangan masyarakat Islam yang dilakukan oleh H. Muhammad Molik dalam penanganan masalah sosial anak yatim di Yayasan Nurul Hayat Surabaya, (2) Apa saja masalah sosial yang dihadapi anak yatim di Yayasan Nurul Hayat Surabaya, (3) Bagaimana model penanganan masalah sosial anak yatim di Yayasan Nurul Hayat Surabaya.
Berkenaan dengan itu, skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penulis berusaha untuk menggambarkan dan menjelaskan apa saja yang terjadi di lokasi penelitian tentang manajemen pengembangan masyarakat Islam oleh H. Muhammad Molik dalam penanganan masalah sosial anak yatim sesuai dengan observasi, interview, data dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa pengorganisasian yang dilakukan Molik berpengaruh dalam kehidupan sosial, khususnya bagi anak yatim. Upaya Molik untuk memberdayakan anak yatim di PAS (Pesantren Anak Shaleh) Yayasan Nurul Hayat diimplementasikan dengan mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Fungsi manajemen tersebut telah diterapkan dengan baik oleh Molik dan para pengasuh PAS terhadap anak yatim secara efektif sesuai program kerja yang telah diterapkan. Salah satu problematika hidup anak yatim adalah pendidikan. Pada saat orang tua mereka masih hidup, ayah dan ibu merekalah yang mendidik dan bertanggungjawab memberikan pendidikan. Namun ini akan berbeda jika setelah orang tua mereka meninggal dunia, mereka akan kehilangan dari fungsi kedua orang tuanya seperti dikasihi, disayangi dan terutama dididik. Sehingga harus ada orang lain yang mampu mengisi fungsi itu dengan baik yakni dengan mendidik dan bertanggungjawab kembali terhadap pendidikan mereka. Oleh sebab itu, Molik beserta para pengasuh menjadi pendamping yang selalu menerapkan pola asuh dan pendidikan yang sehat dalam keluarga yang terjalin di PAS ini dengan mengajarkan berbagai macam pelatihan dan keterampilan. Dengan begitu, anak asuh yang telah tertanam kepribadiannya akan menjadi pribadi mandiri dan membawa manfaat di masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pudji Rahmawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Masyarakat Islam Psikologi > Psikologi Anak |
||||||
Keywords: | Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam; Masalah Sosial; Anak Yatim | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2015 02:11 | ||||||
Last Modified: | 18 Mar 2015 02:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |