This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muzdalifah, Cambodiana Nahdiatul (2014) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN EMPATI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Empati merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Karena empati adalah cikal bakal terbantuknya pribadi yang penuh kasih sayang, pengertian terhadap sesama dan menjadi pribadi yang santun. Pada dasarnya, siswa adalah makhluk sosial yang hidup berdampingan dalam masyarakat di sekitarnya. Tanpa empati, siswa tidak bisa menyelami pikiran dan perasaan orang lain, tidak bisa saling memahami, dan akibatnya siswa yang tidak bisa berempati akan mendapatkan masalah sosial seperti, tidak mempunyai teman, egois, otoriter.
Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana penggunaan teknik diskusi dalam meningkatkan empati siswa di SMP Negeri 13 Surabaya, kemudian apa saja faktor pendukung dan penghambat diadakannya kegiatan ini dan hasil diadakannya teknik ini. Teknik diskusi diterapkan di sekolah tersebut karena teknik diskusi memiliki beberapa keunggulan. Yaitu lebih efisien waktu dan mudah untuk dilaksanakan. Selain itu teknik diskusi melatih siswa untuk dapat berkomunikasi secara baik, melatih bersosialisasi dan memungkinkan siswa mendapat informasi baru dari peserta diskusi yang lainnya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan teknik diskusi dalam meningkatkan empati siswa melalui layanan bimbingan kelompok dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya diadakannya proses layanan bimbingan kelompok ini.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VII A. Pelaksanaan bimbingan kelompok ini dipimpin oleh koordinator BK selama empat kali berturut-turut selama dua bulan dengan tema empati yang berbeda-beda.
Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik dikusi berjalanan dengan lancar meskipun mengalami beberapa kendala. Terdapat perbedaan antara siswa ektrovert dan ekstrovert, dalam penelitian ini antara siswa ekstrovert lebih empati terhadap sesama dibanding dengan siswa introvert. Hal ini karena ekstrovert lebih mudah bersosialisasi terhadap orang lain disbanding dengan siswa introvert yang cenderung menutup diri dan pendiam
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Masyhudi Achmad | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Pendidikan > Komunikasi |
||||||
Keywords: | Teknik Diskusi; Empati; Bimbingan kelompok | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2015 06:51 | ||||||
Last Modified: | 18 Mar 2015 06:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1432 |
Actions (login required)
View Item |