KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (1999) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama islam juga mempunyai arti dan peranan yang sangat penting dalam rangka membentuk manusia seutuhnya, sebab pendidikan agama mampu menghindarkan manusia dari hal hal yang negatif, misalnya penyelewengan dari semua aspek kehidupan yang yang membuat resah dalam kehidupan. Hal senada didukung oleh tujuan ajaran islam yang tidak hanya untuk kebahagiaan manusia di dunia saja, akan tetapi juga untuk kebahagiaan di akhirat. Sebab agama islam adalah agama yang universal yang mengajarkan kepada umat manusia berbagai aspek kehidupan baik duniawi maupun ukhrawi.
Disini akan dibahas tiga permasalahan yaitu 1). Apakah yang dimaksud pendidikan islam itu? 2). Apakah yang disebut dengan kepribadian muslim itu? 3). Bagaimana pola pendidikan islam dalam pembentukan kepribadian yang sesuai dengan tujuan ajaran islam.
Metode yang dipakai pada pembahasan ini dengan metode indukti yaitu suatu cara dalam menerangkan suatu masalah di mulai dari permasalahan yang bersifat khusus untuk ditarik pada kesimpulan secara umum. Metode deduktif yaitu cara menerangkan masalah dimulai dari hasil riset kemudian diterangkan secara bertahap menuju kesimpulan yang bersifat khusus. Metode deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata kata gambar dan bukan angka angka. Metode komparatif yaitu mengkomparasikan (membandingkan) antara dua hal dengan membandingkan masing masing aspeknya, akhirnya dapat dirumuskan kesimpulannya. Kesimpulan yang di dapat dari pembahasan ini bahwa pendidikan islam adalah suatu sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan kepada seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita cita islam karena nilai nilai islam telah menjiwai dan mewarnai corak kepribadiannya. Kepribadian muslim adalah suatu kepribadian yang seluruh aspek aspeknya yaitu baik aktifitas jasmaninya maupun rohaninya menunjukkan pengabdian kepada Allah dan penyerahan diri kepadanya. Pembentukan kepribadian muslim menurut pendidikan islam dimulai dari pemilihan calon suami dan calon istri yang disebut dengan istilah pendidikan pranatal. Konsep pendidikan islam dalam pembentukan kepribadian muslim ini ada beberapa tahap, dimulai dari pendidikan pranatal, kemudian pendidikan keagamaan yang diselenggarakan di dalam keluarga yang diterima anak pertama kali. Yang nantinya akan dijadikan pedoman kehidupan anak selanjutnya, pendidikan keagamaan tersebut meliputi pendidikan keimanan, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoirunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Islam; Kepribadian Muslim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:42
Last Modified: 21 Nov 2016 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item View Item