This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ismawati, Nurul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SHALAT DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS III SD TAQUMA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran fiqih materi shalat di kelas III SD Taquma dapat dikatakan belum optimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah, padahal dalam melakukan pembelajaran Fiqih pada materi shalat guru memerlukan metode demonstrasi untuk menerapkan pada siswa kelas III bagaimana cara mempraktikkan shalat yang baik dan benar. Selain itu yang menyebabkan siswa mengalami penurunan hasil belajar adalah kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Dalam menanggapi hal tersebut, maka diharapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Fiqih materi shalat di SD Taquma.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pelajaran Fiqih materi shalat di kelas III SD taquma? 2)Bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran fiqih materi shalat di kelas III SD Taquma Surabaya? 3)Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Taquma?
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Taquma tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus diksanakan dengan 4 tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk memperoleh hasil pengamatan atau observasi terhadap kegiatan guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa kelas III pada materi shalat dengan metode demonstrasi pada tiap siklus.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran shalat. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata tes formatif sebelum menggunakan metode demonstrasi sebesar 32%, kemudian pada siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Fiqih; Shalat; Metode Demonstrasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2015 01:31 | ||||||
Last Modified: | 19 Mar 2015 01:31 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1442 |
Actions (login required)
View Item |