UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DISCOVERY PADA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DI MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Chilwatul (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DISCOVERY PADA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DI MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada Hasil Belajar dengan materi Perubahan sifat Benda, sehingga siswa kurang memenuhi
Kritreria Ketuntasan Minimal (KKM),sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi perubahan sifat benda masih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi discoveryyang dilakukan sebanyakdua siklus.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana proses pembelajaran siswa pada kelas V MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo sebelum diterapkannya strategi Discovery (2) Bagaimana penerapan strategi Discovery untuk
meningkatkan hasil belajar pada kelas V MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo(3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada kelas V MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo dengan menggunakan strategi Discovery.
Penelitian ini jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Darul Ulum Medaeng pada siswa kelas V . Sehingga peneliti inginmenerapan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi discoveryuntuk meningkatan hasil belajar siswa.Peneliti menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, dimana penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari empat komponen pokok yakni perencanaan, tindakan, obervasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar dari 37 siswa, hanya 15 siswa (40,54%) yang tuntas mencapai KKM sebesar 76. Sedangkan 22 siswa (50,46%) masih belum tuntas.(2)Setelah diterapkannya strategi discovery ini
ternyata para siswa lebih bersemangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan guru lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran.(3) Terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo melalui strategi Discovery. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,43 (75,67%) dan
pada siklus II sebesar 78,75 (86,5%) yang dikategorikan “tuntas”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Bahri Mustofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, ChilwatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Strategi Discovery
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2015 01:40
Last Modified: 19 Mar 2015 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item