This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muttaqin, Mochamad Zaenal (2016) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah pada materi Fiqh. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (635kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah pada materi Fiqh. Penilaian hasil belajar yang dikembangkan berupa tes tertulis bentuk uraian non objektif dengan mengacu pada Taksonomi Bloom edisi revisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal (3) menelaah soal (4) memperbaiki tes (5) melakukan uji coba (6) menganalisis butir soal (7) menafsirkan hasil uji coba. Uji coba instrumen dilakukan di MTSN 4 Sidoarjo, pemilihan subjek coba dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Pengujian kualitas instrumen menggunakan bantuan software excel. Parameter butir dianalisis menggunakan teknik klasik yang meliputi: tingkat kesulitan dan daya pembeda soal. Validitas isi instrumen diperoleh dari penilaian pakar dengan menggunakan lembar validasi. Reliabilitas tes dianalisis menggunakan metode belah dua dengan persamaan Flanagan. Penelitian ini menghasilkan enam butir soal tes tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkan sangat valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,6. Butir-butir tes memiliki parameter tingkat kesulitan pada rentang 0,3-0,7 dengan indeks kesulitan terrendah adalah 0,53 dan tertinggi adalah 0,70. Daya pembeda berada pada rentang 0,3-0,4 dengan indeks daya pembeda terendah adalah 0,24 dan tertinggi 0,36. Instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu 0,819.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Penilaian hasil belajar; pembelajaran berbasis masalah | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Zaenal Mochamad | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2016 07:03 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 05:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14433 |
Actions (login required)
View Item |