This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istiqomah, Nurul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH PADA KELAS IV DI MINU WARU II DESA WARU-SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi peneliti, ternyata di sekolahan MINU WARU II, selama ini menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab. Hal ini dapat mengakibatkan siswa kurang memahami pelajaran yang di terangkan oleh guru, dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan metode yang digunakan. Dengan menggunakan metode Make a Macth diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV di MINU WARU II Waru Sidoarjo.
Pembahasan masalah mendalam pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar IPA kelas IV di MINU WARU II sebelum menggunakan metode kooperatif tipe Make a Match? (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas IV di MINU WARU II?(3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui metode kooperatif tipe Make a Match pada kelas IV di MINU WARU II? Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode kooperatif tipe Make a Macth (2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas IV di MINU WARU II (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di MINU WARU II pada kelas IV dalam mata pelajaran IPA materi saling ketergantungan antar makhluk hidup
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan, penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada kelas IV di MINU WARU II Waru. Hal ini dapat di lihat dari hasil yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA sebelum menggunakan metode make a macth 68,88% sesudah menggunakan metode make a macth meningkat menjadi 89,16%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar IPA di MINU WARU II Waru Sidoarjo
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Metode Kooperatif tipe Make a Macth | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2015 01:46 | ||||||
Last Modified: | 19 Mar 2015 01:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
View Item |