Implentasi Cheks and Balances antara Presiden dan Dpr Dalam Sistem Pemerintahan Presidensial di NKRI Pasca Reformasi Perspektif Fikih Siyasah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmat, Rahmat (2016) Implentasi Cheks and Balances antara Presiden dan Dpr Dalam Sistem Pemerintahan Presidensial di NKRI Pasca Reformasi Perspektif Fikih Siyasah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Sistem checks and balances adalah sebuah sistem aturan yang menegaskan adanya mekanisme saling mengontrol dan saling mengimbangi antara preseden dan DPR, yang diwujudkan berdasarkan amandemen pertama UUD 1945 dengan tujuan untuk mencegah terkonsentrasinya kekuasaan dalam satu cabang, sehingga tidak ada lembaga yang lebih power full dari lembaga yang lain. Namun, faktanya masih banyak kasus-kasus perseteruan antara preseden dan DPR tidak mencerminkan kaidah-kaidah dalam sistem pemerintahan presidensial yang telah diamanatkan oleh UUD 1945. Banyak kerancauan yang terjadi dalam pengimplementasiannya yang dapat menimbulkan berbagai penafsiran yang berbeda. Dalam Islam, pembentukan hukum tentang kehidupan manusia dalam berbangsa dan bernegara harus menciptakan kemaslahatan bagi manusia dan menghindarkan kemudaratan sesuai dengan prinsip-prinsip shari’at Islam yang universal, di antaranya adalah prinsip amanah, adil, musyawarah, dan prinsip amar ma’ruf nahi munkar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang bagaimana implementasi checks and balances antara Presiden dan DPR dalam sistem pemerintahan presidensial di NKRI pasca reformasi?, serta bagaimana tinjauan fikih siyāsahnya?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan historis. Bahan yang digunakan terdiri dari hukum primer berupa UUD NRI 1945, UU. No. 17/2014 tentang MD3. Bahan hukum sekunder, berupa semua publikasi tentang hukum yang bukan dokumen-dokumen resmi. Bahan hukum tersier, berupa kamus hukum, kamus umum yang berhubungan dengan permasalahan atau isu hukum yang akan dibahas.
Hasil penelitian ini menjelaskan, bahwa presiden dan DPR pasca reformasi dalam setiap mengambil kebijakan, baik bidang legislasi, anggaran dan pengawasan harus melalui kesepakatan bersama sesuai dengan sistem checks and balances, dengan tujuan menghindari adanya penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang. Jika hal tersebut dilihat dari perspektif fikih siyāsah, maka implementasi checks and balances antara presiden dan DPR itu sudah sesuai dengan tuntutan shari’ah, karena dari segi prosedur presiden dan DPR dalam mengambil kebijakan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dan tuntutan al-Qur’an dan al-Hadits, yaitu dengan cara musyawarah dan amar ma’ruf nahi munkar sebagai pengontrol atau pengawasan antara presiden dan DPR agar tidak berbuat sebebas-bebasnya yang dapat menimbulkan kesewenang-wenangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmat, Rahmatrahmatilahi@gmail.comF12214122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHandoko, Priyo-196602122007011049
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Checks And Balances; Presiden dan DPR; Fikih Siyasah
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Rahmat Rahmat
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:52
Last Modified: 26 Feb 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item View Item