This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriya, Lina Ayu (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV.2 MI TARBIYATUS SYARIFAH SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang monoton dengan model konvensional yang sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPS ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV.2 MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo menjadi rendah atau kurang maksimal. Penyampaian materi secara ceramah cenderung menjadikan siswa pasif dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.2 MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo dalam pembelajaran IPS perlu adanya perubahan cara mengajar guru di dalam kelas, yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Maka, dilakukanlah PTK ini dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV.2 MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV.2 MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 81,25% (siklus I) menjadi 95,83% (siklus II). Sementara hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 75% (siklus I) menjadi 93,75% (siklus II). (2) Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu masing-masing 70,96% menjadi 90,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.2 dalam mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Bahri Mustofa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Aktivitas Ekonomi; Hasil Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2015 02:35 | ||||||
Last Modified: | 19 Mar 2015 02:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
View Item |