This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shodiqin, Ali (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD MODEL PERMAINAN KWARTET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABSCHOOL UNESA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (976kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran komponen paling utama adalah metode dan media pembelajaran. Kedua komponen tersebut menunjang tercapainya tujuan pembelejaran khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam ( PAI ). Oleh karena itu guru sebagai pendidik harus mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar pembelajaran menarik, menyenangkan, dinamis dan merangsang peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai serta meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran adalah flash card model permainan kwartet karena dalam penggunaannya mamakai sistem permainan sehingga peserta didik senang, nyaman, dan memperkuat daya ingat peserta didik dalam menyerap materi pelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah pertama ( SMP ). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran flash card model permainan kwartet (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian Resarch and Development ( R&D ), dalam proses pengembangannya terdapat beberapa tahapan diantaranya difine ( pendefinisian ), design ( perancangan ), develop ( pengembangan ), dan disseminate ( penyebaran ). Hasil pengembangan yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) labschool Unesa diperoleh hasil t hitung = 10.592 > t tabel 2,084 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga dengan begitu Ho ditolak, berarti menggunakan media flash card dalam pembelajaran pendidikan agama islam menunjukan adanya perbedaan lebih baik sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini juga terlihat dari hasil pretest nilai rata-rata 68.55 ( 75% tidak tuntas dalam pemelajaran) dan setelah pembelajaran diadakan postest nilai rata-rata 87.00 atau hasil belajar peserta didik tuntas 100%, dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan flash card model permainan kwartet meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Shodiqin Ali | ||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:29 | ||||||
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14476 |
Actions (login required)
View Item |