This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maknunah, Atik Inayatul (2000) STUDI TENTANG METODE AN NAHDLIYAH SEBAGAI SUATU ALTERNATIF METODE PENGAJARAN AL QUR’AN DI TPQ SABILUN NAJAH SUMURJALAK PLUMPANG TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (822kB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia masalah membaca al Qur’an dikalangan generasi muda Islam sempat menimbulkan keprihatinan yang mendalam dari para tokoh umat Islam termasuk pemerintah. Hal ini dikarenakan mayoritas dari generasi muda Islam masih banyak yang buta huruf al Qur’an. Sebagai upaya untuk memberantas hal tersebut pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara menteri dalam negeri dan menteri Agama tentang usaha peningkatan kemampuan baca tulis huruf Al Qur’an bagi umat Islam dalam rangka peningkatan penghayatan dan pengenalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari- hari.
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Studi Tentang Metode An Nahdliyah Sebagai Suatu Alternatif Metode Pengajaran Al Qurán Di TPQ Sabilun Najah Sumurjalak Plumpang Tuban”dengan rumusan masalah: Apa yang dimaksud dengan metode An Nahdliyah?. Apa karakteristik metode An Nahdliyah?. Apa kelebihan dan kekurangan metode An Nahdliyah?. Dan bagaimana pelaksanaan pengajaran metode An Nahdliyah di TPQ Sabilun Najah Sumurjalak Plumpang Tuban?.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode an Nahdliyah adalah cara pengajaran al Qur’an yang sudah disusun secara sistematis oleh LP. Ma’arif Cabang Tulungagung yang berpegang pada qoidah Nahwiyah dan Ayatul Qur’an yang disesuaikan dengan perkembangan anak. SEmentara itu karakteristik Metode An Nahdliyah adalah materi pelajaran disusun secara berjenjang dalam buku paket 6 jilid. Sementara itu pengenalan qoidah tajwid dilaksanakan secara praktis dan dipandu dengan titian murottal. Sedangkan evaluasi dilakukan secara continue dan berkelanjutan. Sementara itu pelaksanaan pengajaran al Qur’an dengan metode an Nahdliyah di TPQ Sabilun Najah berjalan dengan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Metode An Nahdliyah; Metode Pengajaran Al Qur’an | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2016 02:49 | ||||||
Last Modified: | 30 Nov 2016 02:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14489 |
Actions (login required)
View Item |