PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA LANGIT DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS I MI AL MU’AWANAH LARANGAN CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zarroh, Fatimatuz (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA LANGIT DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS I MI AL MU’AWANAH LARANGAN CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi benda langit pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar benda langit, diambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan dalam 2 siklus.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar materi benda langit pada siswa kelas 1 MI Al Mu’awanah Larangan? (2) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Al Mu’awanah Larangan materi benda langit? (3)Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas I MI Al Mu’awanah Larangan dalam materi benda langit dengan penerapan model Problem Based Learning?.
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan cara wawancara terbuka dengan guru mata pelajaran IPA, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah butir-butir soal tes.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut : (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas I MI Al-Mu’awanah Larangan Candi Sidoarjo telah dilaksanakan dengan cukup baik sesuai RPP yang telah dibuat. Hal ini dapat dilihat pada hasil prosentase observasi aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,29% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 92,59% (sangat baik). Dan hasil prosentase observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 64,28% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 90,47% (sangat baik). (2)Terdapat peningkatan hasil belajar pada materi benda langit pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas I MI Al Mu’awanah Larangan Candi Sidoarjo dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat dijelaskan bahwa prosentase nilai kelas siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 60,87% (cukup baik) menjadi 86,96% (sangat baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharati Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zarroh, FatimatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2015 02:46
Last Modified: 19 Mar 2015 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item