This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholeh, Badrus (2016) KONTRIBUSI KECERDASAN SPASIAL, VERBAL, DAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah berusaha memperoleh gambaran yang nyata tentang adanya kontribusi kecerdasan spasial, verbal, dan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 37 Surabaya tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling diperoleh 36 responden. Teknik pengumpul data menggunakan instrumen tes kecerdasan spasial, tes kecerdasan verbal, tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kontribusi kecerdasan spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 11,8%, (2) kontribusi kecerdasan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 19,3%, (3) Kontribusi kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 27,9%, (4) Kecerdasan spasial dan logis matematis tidak berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (5) Kecerdasan verbal dan logis matematis berkontribusi secara simultan dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 35,4%, (6) Kecerdasan spasial dan verbal tidak berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (7) Kecerdasan spasial, verbal, dan logis matematis tidak berkontribusi secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika hanya saja terdapat hubungan antara kecerdasan spasial dan verbal sebesar 40,1%. Hubungan antara kecerdasan spasial dan logis matematis sebesar 60,9%. Hubungan antara kecerdasan verbal dan logis matematis sebesar 34,3%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Psikologi |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Sholeh Badrus | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 01:58 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14531 |
Actions (login required)
View Item |