This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mubdiurrohmah, Rizka Anis (2014) TATHBIQ THARIQAH AL TA'LIM AL IRSYADIY (COUNSELING LEARNING) FI TA'LIM MAHARAH AL KALAM LI THULAB AL FASHLU AL 'ASYIRA BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL KHUKUMIYYAH AL TSANIYAH PONTIANAK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (598kB) | Preview |
Abstract
Metode Counseling Learning adalah metode yang dapat memberikan kenyamanan, kesempatan dan kebebasan kepada setiap siswa dalam proses belajar. Prinsip tersebut mempunyai korelasi yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa. Untuk itu, metode Counseling Learning tersebut menjadi salah satu metode yang dipilih oleh guru bahasa Arab dalam pemebelajaran maharah kalam di kelas XA MAN 2 Pontianak.
Berdasar realitas di atas,maka penelitian ini berpijak pada dua rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan metode Counseling Learning dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XA MAN2 Pontianak. (2) Bagaimana efektifitas penerapan metode Counseling Learning dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XA MAN2 Pontianak.
Berbicara mengenai penerapan, maka hal penting yang akan diungkap dalam penelitian ini tidak hanya deskripsi mengenai pelaksanaan dari Metode Counseling Learning, akan tetapi secara implisit juga akan mengungkap mengenai efektifitasnya.
Sebagai upaya untuk mengetahui deskripsi penerapan metode Counseling Learning peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersandar pada tiga metode pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Setelah melaui proses analisis, reduksi dan deskripsi data maka kemudian dapat diketahui, bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan prinsip metode Counseling Learning melalui pembentukan kelompok-kelomok belajar yang secara nyaman diberi kesempatan untuk berkekspresi serta diberi kesempatan bertanya kepada guru jika ada hal yang tidak dipahami dalam proses belajar tesebut.
Kemudian dari sudut pandang efektifitas pelaksanaannya diketahui tidak efektif, oleh karena rencana rangkaian aktifitas pembelajaran terlaksana secara terpotong-potong pada saat proses berlangsung. Selain dari itu, tujuan dari pembelajaran maharah kalam juga tidak tercapai, oleh karena kemampuan berbicara para siswa masih kurang baik. Pada akhirnya dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode Counseling Learning dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak tidak efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Umi Hanifah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||
Keywords: | Counseling Learning; Maharah Kalam; Metode Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 25 Mar 2015 03:52 | ||||||
Last Modified: | 25 Mar 2015 03:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1456 |
Actions (login required)
View Item |