This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ashriyyah, Furoidatul (2016) Pendidikan akhlak pada anak usia dini: Studi komparasi pemikiran Jean Piaget dan Ibnu Qoyyim Al Jauzy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (17MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Akhlak adalah pondasi utama agar manusia menjadi manusia yang sesungguhnya. Akhlak adalah tanda pengenal manusia terutama ummat Islam sebagai identitas muslim sejati sebagaimana yang diajarkan Rosulullah sebagai nabi dan Rosul yang diutus untuk menyempurnakan akhlak. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Qoyyim Al-Jauzy bahwa akhlak dalam Islam dibangun atas pondasi kebaikan dan keburukan. Sedangkan kebaikan dan keburukan itu berada pada fitrah yang selamat dan akal yang lurus, maka segala sesuatu yang dianggap baik oleh fitrah dan akal yang lurus , ia termasuk bagian dari akhlak yang baik dan mulia, dan setiap sesuatu yang dianggap jelek, maka ia termasuk akhlak yang buruk. Karena akal dan fitrah itu mempunyai kemampuan yang terabatas, maka perlu adanya bimbingan dan petunjuk lainnya yaitu al-Qur’an dan al-Sunnah. Anak Usia Dini adalah masa keemasan dalam perkembangan otak manusia. Dalam masa usia dini potensi kebaikan dan keburukan sang anak untuk pertama kalinya dibangun. Tujuan pendidikan akhlak dalam Islam adalah untuk membentuk manusia yang bermoral baik, keras kemauan, sopan dalam berbicara dan perbuatan, mulia dalam tingkah laku dan perangai, bersifat bijaksana, sopan dan beradab, ihkas dan jujur. Karenanya sangat penting memulai pendidikan akhlak sejak masa usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dimana pengumpulan datanya menggunakan sumber-sumber primer berupa karya-karya tokoh yang dijadikan acuan penulis dalam penelitian ini. Dengan metode yang dilakukan adalah metode komparasi yakni dengan membandingkan pendapat kedua tokoh sesuai dengan tema yang diambil dalam penelitian ini. Jean Piaget sebagai salah satu tokoh psikologi kognitif yang banyak melakukan penelitian dibidang perkembangan otak manusia disandingkan dengan Ibnu Qoyyim Al-Jauzy yang banyak menulis tentang pendidikan akhlak terutama bagi anak usia dini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Anak |
||||||||
Keywords: | Pendidikan akhlak; anak usia dini; Jean Piaget | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ashriyyah Furoidatul | ||||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2016 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:14 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14578 |
Actions (login required)
View Item |