Preferensi dan perilaku masyarakat dalam menyalurkan zakat di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfi, Hurriyatul (2016) Preferensi dan perilaku masyarakat dalam menyalurkan zakat di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Lembaga atau Badan Amil Zakat sudah berdiri sejak lama di Indonesia, sudah banyak juga UPZ dari LAZ ataupun BAZ di daerah atau kota besar seperti Kabupaten Gresik misalnya. Kabupaten Gresik merupakan wilayah industri dimana penduduknya berpendapatan tinggi. Kesadaran masyarakatnya dalam membayar zakat cukup baik. Namun penyalurannya dirasa masih kurang karena masyarakat belum paham betul mengenai Lembaga atau Badan Amil Zakat yang bertugas menghimpun dana zakat dan mendistribusikannya agar tepat sasaran dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan perilaku masyarakat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dalam menyalurkan zakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dan metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, triangulasi, dan kesimpulan. Awal terbentuknta preferensi menurut teori yang ditulis oleh Philip Cotler adalah kesadaran, pengetahuan, menyukai, memilih, dan akhinya timbul keinginan untuk membeli. Begitu juga menurut Islam, indicator sebuah preferensi adalah lokasi, birokrasi, mekanisme, fasilitas, amanah, dan transparansi. Sedangkan teori perilaku menurut Islam dipengaruhi oleh tauhid, adil, free will, amanah, dan ihsan. Dan dalam hasil temuan dilapangan juga menunjukkan berbagai factor tersebut didalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi dan perilaku masyarakat dalam menyalurkan zakat sangat beragam. Yang paling utama adalah lokasi atau tempat yang digunakan untuk menghimpun zakat. Terbukti banyak masyarakat yang menyalurkan zakatnya melalui Masjid di sekitar tempat tinggalnya. Selanjutnya adalah Fasilitas, layanan, birokrasi dan transparansi. Semua hal tersebut mempengaruhi keputusan masyarakat dalam menyalurkan zakatnya. selain itu faktor budaya seperti kebiasaan di wilayah tempat tinggal, faktor sosial seperti pengaruh keluarga dan teman, serta faktor keyakinan atau kepercayaan juga berpengaruh dalam pengambilan keputusan masyarakat dalam menyalurkan zakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfi, Hurriyatulhuuriyatul.alfi@yahoo.co.idF04214048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbahulmmunir67@gmail.com2001126701
Subjects: Zakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfi Hurriyatul
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:27
Last Modified: 24 Nov 2022 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item