This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Al Farisi, Ahmad Furqoni (2014) PENGARUH BUKU AJAR AL-ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Untuk menunjang peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dibutuhkan media pembelajaran yang efektif berdasarkan kebutuhan dan signifikansinya. Sedangkan media yang paling sering kita temui dalam proses belajar mengajar yaitu buku pelajaran. Oleh karena itu peneliti memandang perlu untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh buku ajar Al-Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Ada tiga masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan buku ajar Al-Islam dalam proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya? (2) Bagaimana prestasi yang dicapai siswa setelah menggunakan buku ajar Al-Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya? (3) Adakah pengaruh buku ajar Al-Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya?
Selanjutnya pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket sebagai instrumen untuk memperoleh data penggunaan buku ajar Al-Islam (X), sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mencari data tentang prestasi belajar PAI siswa (Y). Kemudian dianalisis dengan teknik analisis Rergresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan buku ajar Al-Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean sebesar 38,944 pada interval 37-41. (2) Prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya tahun pelajaran 2013-2014 dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 85,981 dan dibulatkan menjadi 86, masuk pada interval 86-90. (3) Penggunaan buku ajar Al-Islam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor yaitu (Fsign hitung) sebesar 33,513. Sedangkan (Fsign tabel) dengan taraf signifikansi 5% sebesar 4,03. Maka nilai Fsign hitung > Fsign tabel. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan antara Buku Ajar Al-Islam Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan progam studi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moch. Tolchah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||
Keywords: | Buku Ajar Al-Islam; Prestasi Belajar PAI; Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2015 02:51 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2015 02:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |