EKSISTENSI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGANTISIPASI GERAKAN KELOMPOK IDEOLOGI TRANSNASIONAL STUDI KASUS DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MISYKATUL ULUM SITUBONDO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atmari, Atmari (2013) EKSISTENSI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGANTISIPASI GERAKAN KELOMPOK IDEOLOGI TRANSNASIONAL STUDI KASUS DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MISYKATUL ULUM SITUBONDO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan Islam tidak pernah bisa dilepaskan dari kontestasi gerakan sosial tertentu. Pendidikan Islam akan terus berbenturan dengan kepentingan ideologis. Itulah sebabanya, lembaga pendidikan Islam sering diartikan sebagai institusi atau sarana untuk menyebarkan atau menginternalisasikan suatu faham, keyakinan, dan aliran tertentu, bukan hanya untuk mengajarkan ilmu-ilmu keislaman semata. Penelitian ini didasari pada kegelisahan akademik tentang lembaga-lembaga pendidikan Islam ’baru’ yang seakan-akan berbeda dengan konstruksi lembaga pendidikan Islam yang sudah ada. Misalnya, PP. Ngruki di Jawa Tengah, yang menjadi central atau camp pelatihan kelompok jihadis di Indonesia. Maka, dari itu, dalam benak penulis, melihat fenomena tersebut, merasa bahwa dibutuhkan counter movement yang berbeda dengan kebanyakan ’gerakan baru’.Sehingga penulis mengambil studi Kasus di YPI Misykatul Ulum yang secara historis beraviliasi denga gerakan Nahdlatul Ulama’. Dan sebagaimana dikenal, NU adalah salah satu organisasi yang paling gelisah dengan keberadaan kelompok Trans-nasional tersebut.
Dalam penelitian ini penulis membagi permasalahannya menjadi tiga bentuk rumusan masalah : pertama, bagaimanakah konsep pendidikan di YPI Misykatul Ulum? Kedua, strategi gerakan dakwah yang ada di YPI Misykatul Ulum?ketiga, bagaimanakah langkah antisipatif untuk meminimalisir gerakan Trans-nasional?. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menjabarkan konsep pendidikan dan srategi gerakan. Tujuan lainnya adalah mengetahui bagaiman proses untuk mengantisipasi gerakan Trans-nasional. Pendekatan penelitian dalam thesis ini adalah kualitatif dan analisisnya menggunakan content analisis (analisis isi).
Setelah proses lama penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa: 1) YPI Misykatul Ulum merupakan lembaga pendidikan Islam berhaluan Sunni dan sangat terikat dengan NU. 2). Startegi gerakan mereka lebih mengarah pada pembinaan kemasyarakatan dan pendidikan kemasyarakatan. 3). Strategi antisipatif yang dilaksanakan adalah melalui dunia pendidikan ( baca: kurikulum) dan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang Islam-Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atmari, AtmariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Lembaga Pendidikan Islam; Trans-nasionalisme; YPI Misykatul Ulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2015 09:29
Last Modified: 27 Mar 2015 09:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item