Studi analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam perspektif psikologi perkembangan: buku ajar Kelas 1 SD kurikulum 2013 Kemendikbud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Anis (2016) Studi analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam perspektif psikologi perkembangan: buku ajar Kelas 1 SD kurikulum 2013 Kemendikbud. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Studi dalam penelitian ini menganalisis buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 1 SD kurikulum 2013 Kemendikbud dalam perspektif psikologi perkembangan. Kurikulum 2013 memiliki perbedaan teknis dengan kurikulum sebelumnya, salah satunyayaitu buku ajar disiapkan dan dibuat sendiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode sebelumnya, selanjutnya digunakan oleh seluruh peserta didik. Melihat fenomena yang ada, terdapat buku ajar yang didalamnya memuat konten yang kurang sesuai dengan sikologi perkembangan peserta didik, seperti mencamtumkan gambar porno didalmnya, maka perlu kiranya kita mengkaji buku ajar yang ada ekaranag dari perspektif psikologi perkembangan, karena melihat buku ajar kurikulum 2013 ini adalah buku ajar utama. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kelayakan isi / materi pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas I SD yang diterbitkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 itinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa,perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial ?, 2) Bagaimana kelayakan penyajian buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas I SD yang diterbitkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial?, 3)Bagaimana kelayakan bahasa pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas I SD yang diterbitkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial?Pendidikan yang bermutu bisa tercapai dengan adanya buku ajar yang terstandar dan sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah , 1)Untuk mendeskripsikan kelayakan isi/ materi pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas I SD yang diterbirkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial.2), Untuk mendeskripsikan kelayakan penyajian buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas I SD yang diterbitkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial, 3) Untuk mendeskripsikan kelayakan bahasa pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas I SD yang diterbitkan Kemendikbud pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosialDalam penulisan tesis ini peneliti menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 1 SD kurikulum 2013 Kemendikbud berdasarkan hasil penelitian , 1)kelayakan isi/materi dari segi kelengkapan materi dan keluasan materi secara umum sudah sesuai namun dalam beberapa bab pelajaran terdapat kompetensi dasar dan indikator yang kurang sesuai, dari segi kedalaman materi sudah sesuai dengan psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, sosio-emosional dan perkembangan sosial, namun latihan yang ada belum melatih anak untuk berfikir krtis, dalam mendefinisikan materi terdapat beberapa materi yang cara mendefinisikannya kurang sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif. 2) Kelayakan penyajian sudah sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik yang bersangkutan, 3) Kelayakan bahasa juga sudah sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif dan bahasa peserta didik yang bersangkutan, yaitu apa yang ditulis didalam buku ajar tersebut menggunakan kosa kata yang umum dan jelas sehingga mudah difahami.Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan dapat dikembangkan saran kepada penyusun atau penulis buku ajar untuk menulis buku ajar sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik yang bersangkutan, dan bagi pendidik hendaknya selektif dalam memilih dan menggunakan buku ajar demi terciptanya pendidikan yang bermutu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Anisanis_ilmiyah@yahoo.co.idF13214129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi FatimaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Belajar
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Buku ajar; pendidikan agama Islam; budi pekerti
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilmiyah Anis
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:48
Last Modified: 07 Nov 2024 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item