This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yudistira, Agung (2017) Efektivitas positive thinking training dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi disalah satu SMA di wilayah Jawa Timur. Sekolah tersebut memiliki beberapa siswa yang bersikap semaunya sendiri/egois, mudah tersinggung dan marah, berburuksangka kepada temannya sendiri serta berperilaku kurang baik terhadap lingkungannya. Berawal dari fenomena ini, maka dapat diketahui bahwa para siswa tersebut memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Maka pelatihan berpikir positif (PTT) perlu diberikan pada siswa-siswa tersebut. Selain siswa memiliki IQ yang tinggi siswa perlu memiliki EQ yang tinggi pula di kesehariannya. Dengan demikian siswa yang memiliki kecerdasan emosional dapat menjadi generasi muda Indonesia bermental baik dan dapat merevolusi mentalnya menjadi penerus bangsa yang cerdas IQ maupun EQnya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Efektivitas Positif Thinking Training (PTT) dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto? (2) Adakah Efektivitas Positive Thinking Training (PTT) dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto? (3) Sejauhmana tingkat Efektivitas Positive Thinking Training (PTT) dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto?. Untuk mengungkap persoalan diatas, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan memberikan perlakuan yaitu Positive Thinking Training (PTT) kepada 30 siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, untuk melihat apakah PTT efektif/berpengaruh dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional. Peneliti menggunakan angket segai instrummen penelitian yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan Paired Sample t-test.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Product Moment Pearson, korelasi antara variabel PTT dengan Kecerdasan Emosional = 0,869. Setelah membandingkan dengan “r tabel = 0,374”, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya Positive Thinking Training (PTT) efektif dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Sedangkan uji signifikasi Paired Sample t-tes, menunjukan angka korelasi sebelum diberikan pelatihan dengan sesudah diberikan pelatihan sebesar 0,648 > α (0,05). Berdasarkan nilai tersebut maka Positive Thinking Training (PTT) efektif dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto secara signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Kecerdasan Kenakalan Anak dan Remaja Motivasi Belajar Remaja |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Yudistira Agung | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2017 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 03:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14920 |
Actions (login required)
View Item |