PENGGUNAAN MEDIA GAME HOPSCOTCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA B/C SITI HAJAR BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chabibah, Nur (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAME HOPSCOTCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA B/C SITI HAJAR BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Media Game Hopscotch merupakan media bermain sekaligus sebagai media
pembelajaran yang diterapkan untuk anak tunagrahita dalam pembelajaran matematika. Media ini terbuat dari papan atau gabus dengan ukuran 30cm x 30cm yang sudah ada symbol angka dan siswa akan memainkannya seperti bermain engklek dengan cara menginjak symbol angka tersebut.
Anak Tunagrahita Ringan adalah salah satu klasifikasi anak tunagrahita yang memiliki kecerdasan intelektual dibawah rata-rata yang disertai dengan ketidak mampuan dalam perilaku adaptif. Akibat dari kondisi tersebut anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan belajar khususnya dalam bidang study matematika. Hal ini sesuai dengan kodisi anak tunagrahita ringan di SLB B/C Siti Hajar Buduran
Sidoarjo bahwa terdapat 4 anak tunagrahita ringan yang memiliki kemampuan operasi hitung penjumlahan 1-10 dengan hasil maksimal 10 yang masih rendah.
Selain itu mereka masih kesulitan dalam memahami symbol angka 1-10, mereka mereka mampu menyebutkan angka 1-10 akan tetapi saat diminta untuk menunjukkan atau menuliskannya mereka tidak bisa menunjuk ataupun menuliskannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana masalah pembelajaran Matematika yang dihadapi anak tunagrahita ringan di SLB B/C Siti Hajar Buduran Sidoarjo?
Bagaimana penggunaan media Game Hopscotch dalam pembelajaran
matematika pada anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa B/C Siti Hajar Buduran Sidoarjo? Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran matematika
dengan menggunakan media Game Hopscotch pada anak Tunagrahita Ringan di Sekolah Luar Biasa B/C Siti Hajar Buduran Sidoarjo? Dalam Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Diskriptif kualitatif.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik (utuh), dengan mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Manfaat dari penggunaan media Game Hopscotch dalam pembelajaran matematika adalah memudahkan siswa tunagrahita dalam memahami simbol angka 1-10, membantu memahami konsep berhitung yang benar. Selain itu bisa menciptakan lingkungan belajar dikelas menjadi aktif, kreatif, dan tidak membosankan serta meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang telah disampaikan oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chabibah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Game Hopscotch; Pembelajaran Matematika; Anak Tunagrahita Ringan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2015 08:19
Last Modified: 04 Apr 2015 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item