This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masitho, Syayida Miftakhul Wahyu (2017) TERAPI BERMAIN LOMPAT JINGKAT ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA PADA ANAK DOWN SYNDROM DI PAUD INKLUSI MELATI TRISULA SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimana proses pelaksanaan terapi bermain lompat jingkat angka untuk mengembangkan kognitif dalam mengenal angka pada anak down syndrom di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil terapi bermain lompat jingkat angka untuk mengembangkan kognitif dalam mengenal angka pada anak down syndrom di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data yang ada pada teori dengan data yang terdapat pada lapangan. Sedangkan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi berperan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah melakukan proses terapi bermain lompat jingkat angka. Penelitian ini berusaha mengembangkan kognitif konseli melalui terapi bermain lompat jingkat angka, yaitu permainan yang melatih konsentrasi dan ingatan konseli terhadap bentuk dan makna angka. Selain itu untuk menimbulkan semangat konseli dalam menjalani permainan ini, peneliti menerapkan teknik reinforcement berupa pujian dan pelukan bila konseli mampu membilang angka satu sampai tiga. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kognitif klien kurang berkembang yang ditandai dengan kurangnya konsentrasi, tidak dapat membilang, dan cenderung melakukan segala sesuatu dengan asal-asalan. Melalui terapi bermain lompat jingkat angka, hasil akhir dari Bimbingan dan Konseling Islam dinyatakan cukup berhasil karena konseli sebelumnya tidak mengenal angka sama sekali, konsentrasi mudah teralihkan, dan berlaku asal-asalan. Namun, setelah diterapkan terapi bermain lompat jingkat angka konseli mampu membilang angka satu sampai tiga, mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama, dan perilaku asal-asalannyapun dapat terminimalisir.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Pendidikan > Anak |
||||||
Keywords: | Terapi bermain lompat jingkat angka; Kognitif; Anak down syndrom | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Masitho Syayida Miftakhul Wahyu | ||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2017 03:05 | ||||||
Last Modified: | 14 Feb 2017 03:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15165 |
Actions (login required)
View Item |