This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farikhah, Fatiya Nur (2014) FA’ALIYYAH TATHBIQ AL TA’LIM AL MAKHARAJ AL KHURUF FI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI DII THULAB AL FASHL AL SABI’ BI MADRASAH DAR AL MUTA’ALLIMIN AL MUTAWASSITHAH AL ‘AMMAH TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Makhorijul huruf merupakan tempat keluarnya huruf saat seseorang berbicara. Huruf adalah unsur terkecil dari kalam. Seseorang dapat dikatakan berbicara dengan baik dan fashih jika kata-kata yang terucap keluar dari makhroj yang benar. Pembelajaran makhroj merupakan langkah awal untuk tingkat mubtadi’in dalam belajar kalamul arabi. Sesuai dengan tujuan utama pembelajaran maharah kalam yakni siswa dapat berbicara dengan fashih dan benar serta membedakan antara suara dari huruf-huruf tertentu dalam bahasa Arab. Maka penelitian dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui Penerapan pembelajaran makhorijul huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Kelas 7 Siswa SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran makhorijul huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Kelas 7 Siswa SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan analisis kuantitatif yaitu menggunakan model matematis (hitungan) untuk instrumen tes dengan desain sebelum dan setelah penerapan pembelajaran Makhorijul Huruf. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah yang pertama Pembelajaran Makhroj dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dan terbukti dapat dilihat dari perbedaan skor antara hasil dari sebelum penerapan dan setelah penerapan. Hipotesis yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan pembelajaran Makhroj terhadap kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dan terbukti dengan nilai t0 (-21.824) lebih besar dari tt (taraf signifikansi 5% sebesar 2,021) dan taraf signifikansi lebih sedikit dari 0,025 dengan bukti bahwa taraf signifikansi yang didpat adalah 0,000 ini maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan pembelajaran Makhroj dengan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ainun Syarifah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||
Keywords: | Makhroj; Huruf | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2015 07:55 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 07:55 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1528 |
Actions (login required)
View Item |