TA’TSIR TATHBIQ THARIQAH DHARB MITSAL BI DUNI MITSLIN (EXAMPLES NON-EXAMPLES) LI TARQIYYAH MAHARAH AL KITABAH FI AL FASHL AL ‘ASYIRA BIL MADRASAH NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2014) TA’TSIR TATHBIQ THARIQAH DHARB MITSAL BI DUNI MITSLIN (EXAMPLES NON-EXAMPLES) LI TARQIYYAH MAHARAH AL KITABAH FI AL FASHL AL ‘ASYIRA BIL MADRASAH NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pengaruh Penerapan Metode Examples Non-Examples
Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas X di MA Nurul Huda Sedati
Sidoarjo." Dalam hal ini penulis berasumsi bahwasannya penerapan pembelajaran dengan
metode Examples Non-Examples sangat efektif digunakan untuk meningkatkan
ketrampilan menulis pada siswa kelas X. karena selama ini siswa kurang terampil dalam
ketrampilan menulis bahasa arab. Untuk itu penulis ingin membiasakan siswa pada
ketrampilan menulis dengan menggunakan metode Examples Non-Examples.
Adapun definisi dari metode Examples Non-Examples adalah metode
pembelajaran yang menjadikan contoh sebagai sarana untuk belajar. Dan contoh-contoh
itu didapat dari gambar-gambar atau kejadian yang berhubungan dengan standar
kompetensi.
Masalah yang diangkat penulis dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana
kemampuan menulis siswa kelas X MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. 2) Bagaimana
penerapan metode Examples Non-Examples untuk meningkatkan ketrampilan menulis
siswa kelas X MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. 3) Bagaimana pengaruh penerapan
metode Examples Non-Examples untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas X
MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo?
Untuk menjawab ketiga masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah :
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun untuk pengambilan populasinya,
penulis menggunakan teknik purposive sampling. Populasinya sebanyak 80 siswa, dan
diambil 44 siswa sebagai sampelnya, yang terdiri dari 24 siswa dari kelas 10-3 sebagai
kelas percobaan, dan 20 siswa dari kelas 10-2 sebagai kelas kontrol. Analisis datanya
penulis menggunakan rumus t-test untuk mengetahui ada dan tidak adanya pengaruh
penerapan metode Examples Non-Examples.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penulis adalah kemampuan menulis siswa
kelas X sangat rendah, dan mereka kurang terampil dalam pembelajaran menulis.
Penerapan metode Examples Non-Examples dimulai dengan salam, membaca doa,
perkenalan, penjelasan tentang metode Examples Non-Examples sampai pada latihan
mengerjakan apa yang ada digambar, diskusi, dan kesimpulan. Adanya pengaruh yang
kuat dalam menerapkan metode Examples Non-Examples siswa kelas X MA Nurul Huda
Sedati Sidoarjo dilihat dari

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Afifuddin Dimyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, UswatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Darb mitsal bi duni mitslin (examples non-examples); Maharah al kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 08:11
Last Modified: 06 Apr 2015 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item