This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Tria Nur Indah (2017) Profil kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (543kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir matematis, khususnya berpikir matematis tingkat tinggi (high-order mathematical thinking) sangat diperlukan oleh siswa agar siswa sanggup menghadapi perubahan keadaan atau tantangan-tantangan yang ada dalam kehidupan yang selalu berkembang. Kemampuan spasial adalah kemampuan seseorang untuk menvisualisasikan gambar atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Untuk itu kemampuan spasial sangat diperlukan siswa untuk memancing daya berpikir kritis matematik siswa. Graded Response Models (GRM) digunakan dengan tujuan untuk menampilkan estimasi parameter butir dan kemampuan siswa. (GRM) adalah sistem penskoran dimana tingkat kesukaran tiap kategori pada item tes disusun secara berurutan sehingga jawaban peserta tes haruslah terurut dari kategori yang rendah hingga kategori yang tinggi, sehingga penilaian dimana semua respon siswa dilihat dari urutan pengerjaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang ditinjau dari kemampuan spasial dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sidoarjo yang ditinjau dari kemampuan spasial yang berjumlah 6 orang. Subjek yang diambil menggunakan tes kemampuan spasial, kemudian subjek diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik dan diwawancarai. Data tes kemampuan berpikir kritis matematik dan wawancara setiap subjek penelitian dideskripsikan, yang selanjutnya diperoleh masing-masing skor, kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel diperolehlah grafik Graded Response Models (GRM). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, profil kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) diketahui bahwa kemampuan spasial tinggi, sedang dan rendah menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematiknya sesuai dengan kemampuan spasialnya. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik hasil estimasi parameter menggunakan Graded Response Models (GRM) tersebut menaik dari kemampuan peserta yang paling rendah yaitu θ(-4) sampai dengan kemampuan peserta yang paling tinggi yaitu θ(4) untuk masing-masing katagori P.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Matematika |
||||||||
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis; matematik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Sari Tria Nur Indah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2017 06:51 | ||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15323 |
Actions (login required)
View Item |