This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zulkarnaen, M. Jave (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 3 BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (787kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini merupakan pendukung dalam proses belajar karena sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik, khususnya dalam bidang pendidikan agama islam. Tuntutan masyarakat yang makin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional, disamping cara ini tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat, pemahaman cara belajar anak, kemajuan media komunikasi dan lain sebagainya memberi arti tersendiri bagi kegiatan pendidikan dan tuntutan ini pulalah yang membuat kebijaksanaan untuk memanfaatkan media teknologi dan pendekatan teknologis dalam pengelolaan pendidikan. Pemanfaatan teknologi komunikasi, teknologi pendidikan dan media pendidikan untuk kegiatan pendidikan perlu dalam rangka kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian dengan menggunakan wawancara yang dilakukan pada guru pendidikan agama islam dan sebagian siswa di SMK Negeri 3 Bojonegoro, diperoleh hasil bahwa, mereka lebih sering menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam belajar mengajar. Sebagian dari peserta didik yang tidak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam belajar, mungkin dikarenakan mereka lebih senang menerima materi yang disampaikan oleh gurunya secara langsung.
Berpijak dari hal di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang “Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 3 Bojonegoro” dengan tujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan, usaha-usaha yang dilakukan, faktor yang menunjang dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri 3 Bojonegoro.
Dari hasil penelitian dan didukung oleh beberapa kajian teori dalam penulisan skripsi ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan agama islam banyak memberikan dampak kualitas yang baik dalam prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas sekolah, dan para tenaga pengajar maupun calon pengajar mata pelajaran pendidikan agama islam agar senantiasa lebih meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ahmad Yusam Thobroni | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Teknologi; Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2015 08:52 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 08:52 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1534 |
Actions (login required)
View Item |