Profil literasi statistik siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Nikmatul (2017) Profil literasi statistik siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Literasi statistik adalah kemampuan siswa untuk memahami, menginterpretasi, mengkomunikasikan suatu data berupa tabel, grafik, atau diagram yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari secara lisan atau tulisan. Siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda memiliki kemampuan literasi statistik yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi statistik siswa SMA yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator literasi statistik yang didasarkan pada elemen pengetahuan model Gal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bergaya kognitif field dependent mampu membaca data, namun kurang teliti dan percaya diri, menjelaskan data secara singkat, menyimpulkan data dengan melakukan perhitunga, dan mengomunikasikan data dengan bentuk diagram batang. Sedangkan subjek yang bergaya kognitif field independent mampu membaca data dengan teliti dan percaya diri, menjelaskan data belum menyeluruh, mengambil kesimpulan dengan mencoba menggabungkan informasi dari sumber lain, dan menyajikan data dalam bentuk grafik garis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Nikmatulnikmakarimah06@gmail.comD04212045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Literasi statistik; field dependent; field independent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Karimah Nikmatul
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:57
Last Modified: 11 Oct 2024 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15340

Actions (login required)

View Item View Item