Strategi mental computation siswa disleksia dalam menyelesaikan soal matematika di SLB Bina Bangsa Ngelom Sepanjang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Agustin Eka (2017) Strategi mental computation siswa disleksia dalam menyelesaikan soal matematika di SLB Bina Bangsa Ngelom Sepanjang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang hampir semua topiknya melibatkan bilangan. Pemahaman anak mengenai bilangan bertujuan untuk menambah dan mengembangkan keterampilan berhitung. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berhitung yaitu dengan mental computation. Berhitung tidak hanya dapat dilakukan oleh siswa normal, melainkan juga dapat dilakukan oleh sebagian siswa yang memiliki kelainan seperti halnya pada siswa disleksia. Siswa disleksia merupakan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi mental computation yang digunakan oleh siswa disleksia dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa disleksia yang berasal dari kelas tunagrahita sedang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes soal matematika operasi penjumlahan dan pengurangan dan kemudian setiap subjek diwawancara yang bertujuan untuk mengetahui strategi mental computation yang digunakan oleh subjek. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi waktu. Dari data-data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan strategi mental computation siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: dalam menyelesaikan soal matematika operasi penjumlahan bilangan satuan, siswa disleksia menggunakan strategi Spin-Arounds (komutatif) dan strategi Working from The Right dan Working from The Left untuk operasi penjumlahan pada bilangan puluhan. Sedangkan untuk operasi pengurangan pada bilangan satuan, siswa disleksia menggunakan strategi Think Addition (menjadikan penjumlahan) dan Counting Back dan pada operasi pengurangan bilangan puluhan siswa disleksia menggunakan strategi Working from The Right dan Working from The Left.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Agustin Ekaagustineka67@gmail.comD74212067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Mental computation; siswa disleksia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyani Agustin Eka
Date Deposited: 21 Feb 2017 01:50
Last Modified: 11 Oct 2024 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item