This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cahyani, Agustin Eka (2017) Strategi mental computation siswa disleksia dalam menyelesaikan soal matematika di SLB Bina Bangsa Ngelom Sepanjang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang hampir semua topiknya melibatkan bilangan. Pemahaman anak mengenai bilangan bertujuan untuk menambah dan mengembangkan keterampilan berhitung. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berhitung yaitu dengan mental computation. Berhitung tidak hanya dapat dilakukan oleh siswa normal, melainkan juga dapat dilakukan oleh sebagian siswa yang memiliki kelainan seperti halnya pada siswa disleksia. Siswa disleksia merupakan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi mental computation yang digunakan oleh siswa disleksia dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa disleksia yang berasal dari kelas tunagrahita sedang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes soal matematika operasi penjumlahan dan pengurangan dan kemudian setiap subjek diwawancara yang bertujuan untuk mengetahui strategi mental computation yang digunakan oleh subjek. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi waktu. Dari data-data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan strategi mental computation siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: dalam menyelesaikan soal matematika operasi penjumlahan bilangan satuan, siswa disleksia menggunakan strategi Spin-Arounds (komutatif) dan strategi Working from The Right dan Working from The Left untuk operasi penjumlahan pada bilangan puluhan. Sedangkan untuk operasi pengurangan pada bilangan satuan, siswa disleksia menggunakan strategi Think Addition (menjadikan penjumlahan) dan Counting Back dan pada operasi pengurangan bilangan puluhan siswa disleksia menggunakan strategi Working from The Right dan Working from The Left.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||
Keywords: | Mental computation; siswa disleksia | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Cahyani Agustin Eka | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2017 01:50 | ||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:59 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15345 |
Actions (login required)
View Item |