Efektivitas penerapan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk melatih kemampuan koneksi Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affidah, Ana Mujifatul (2017) Efektivitas penerapan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk melatih kemampuan koneksi Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), aktivitas siswa selama pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), kemampuan koneksi matematika siswa, dan respon siswa setelah diterapkan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menjabarkan hasil-hasil perhitungan yang telah dilakukan serta menjawab pertanyaan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A1 MTs Nurul Huda Sedati tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes koneksi matematika, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,68 dan termasuk dalam kriteria sangat baik.; (2) Rata-rata aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran yaitu 3.78 dan tergolong kategori sangat aktif.; (3) Ketuntasan klasikal kemampuan koneksi matematika siswa tuntas karena mencapai persentase sebesar 81.8%, dan (4) Respon siswa dikatakan positif karena seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori sangat positif dan positif maka respon siswa dikatakan positif. Sehingga pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk melatih kemampuan koneksi matematika siswa dapat disimpulkan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affidah, Ana Mujifatulanna.affidah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Affidah Ana Mujifatul
Date Deposited: 21 Feb 2017 01:57
Last Modified: 13 Jun 2017 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item