PENERAPAN TEKNIK BINA PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA DALAM PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI PANDAAN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Imro'atul (2014) PENERAPAN TEKNIK BINA PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA DALAM PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI PANDAAN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Indera pendengaran merupakan alat sensoris utama untuk berkomunikasi antar sesama. Kehilangan alat pendengaran akan menyebabkan kesulitan mendengarkan dan berkomunikasi dengan orang lain. Perkembangan bahasa sangat berkaitan erat dengan ketajaman pendengaran, dan anak tunarungu tidak mampu mendengar dengan baik sehingga mereka sulit mengembangkan kemampuan bicaranya dan hal itu menjadi kendala dalam berkomunikasi.
Dalam penelitian ini, yang diteliti adalah bagaimana pembelajaran berkomunikasi siswa tunarungu di SMPLB Negeri Pandaan Pasuruan, kemudian penerapan teknik bina persepsi bunyi dan irama dalam pembelajaran berkomunikasi siswa tunarungu, dan perbedaan siswa tunarungu yang menggunakan teknik bina persepsi bunyi dan irama dengan siswa tunarungu yang tidak menggunakan teknik bina persepsi bunyi dan irama dalam pembelajaran berkomunikasi. Teknik bina persepsi bunyi dan irama diterapkan di sekolah tersebut karena teknik tersebut memiliki kelebihan, yaitu membina anak tunarungu untuk menghayati berbagai macam bunyi, melatih sisa-sisa pendengaran anak tunarungu yang masih dimiliki dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan teknik bina persepsi bunyi dan irama dalam pembelajaran berkomunikasi siswa tunarungu di SMPLB Negeri Pandaan Pasuruan.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VIII. Pelaksanaan teknik ini dilakukan oleh guru pembimbing bina persepsi bunyi dan irama.
Pelaksanaan program khusus bina persepsi bunyi dan irama berjalan dengan lancar meskipun mengalami beberapa kendala yakni terkadang alat musik yang di pakai kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq Subty
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Imro'atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Teknik Bina Persepsi Bunyi dan Irama; Komunikasi; Anak Tunarungu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 09:52
Last Modified: 06 Apr 2015 09:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item