This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Maya Indah (2017) ANALISIS KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN HOLISTIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 akan menjadi fokus pembahasan. Pembahasan mengenai konsep pendidikan holistik, peneliti lebih memfokuskan untuk mengetahui konsep pendidikan holistik yang digunakan dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Yang kedua adalah kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dalam perspektif pendidikan yang holistik. Penelitian ini akan menggunakan library research (Penelitian Kepustakaan) yaitu penelitian yang menggunakan literatur. Sedangkan dari segi analisis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber penelitian berasal dari dokumen kurikulum 2006, dokumen kurikulum 2013, artikel, dan buku yang berhubungan dengan penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah Tujuan pengembangan kurikulum 2006 sesuai dengan tujuan dari pendidikan holistik. Pemisahan setiap mata pelajaran disayangkan tidak sesuai dengan kurikulum yang holistik. Unsur- unsur penyusunan RPP kurikulum 2006 telah memenuhi kriteria pendidikan holistik. Standar penilaian dalam kurikulum 2006 belum menggunakan prinsip pendidikan holistik. SKL kurikulum 2013 diturunkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang menyeluruh. Dalam SI kurikulum 2013 semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap seluruh aspek. Standar proses pada kurikulum 2013 telah menggunakan prinsip pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran pendidikan holistik yang ilmiah dan terpadu. Standar Penilaian Kurikulum 2013 mengadaptasi dan menyesuaikannya dengan prinsip pendidikan holistik Bahwa tujuan pada kurikulum 2006 memiliki kelebihan yaitu bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan. Kelebihan SI kurikulum 2006 memiliki seluruh potensi yang ada pada pendidikan holistik. Sedangkan kekurangan SI kurikulum 2006 adalah, pemecahan jenis mata pelajaran. SKL kurikulum 2006 memiliki kekurangan berupa ketentuan kelulusan yang ditentukan pemerintah. Standar Proses kurikulum 2006 terletak pada pembentukan RPP. kekurangan Standar Proses kurikulum 2006 terdapat pada proses pembelajaran siswa di kelas yang tidak terintegrasi. Kekurangan Standar Penilaian Kurikulum 2006 adalah prinsip penilaiannya lebih difokuskan pada nilai akhir. SKL Kurikulum 2013 menggunakan faktor- faktor pembentukan siswa yang sesuai dengan pendidikan holistik. Kelebihan dari Standar Proses kurikulum 2013 adalah penggunaan pendekatan saintifik. Kelebihan dari Standar Penilaian kurikulum 2013 adalah penilaian yang merata pada seluruh Kompetensi Inti.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Lestari Maya Indah | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2017 02:24 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2017 02:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15448 |
Actions (login required)
View Item |