This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosyida, Elok (2017) Hubungan optimisme dan self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (856kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (586kB) | Preview |
Abstract
Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Penyebabnya ialah karakteristik matematika yang bersifat abstrak. Bagisiswa matematika dianggap sebagai momok menakutkan dan cenderung dianggap pelajaran yang sulit. Ketakutan itu berasal dari pikiran negatif siswa. Munculnya pikiran negatif siswa dikarenakan kurangnya sikap optimis atau biasa disebut sikap pesimis. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya optimisme, ialah self-esteem. Optimisme dan self-esteem juga merupakan salah satu penyebab tinggi rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara: (1) optimisme siswa dengan hasil belajar matematika, (2) self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika, (3) optimisme dengan self-esteem siswa, (4) optimisme dan self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Hidayah Tuban dan pengambilan sampel menggunakan angket kontrol yakni angket multiple intelegence. Siswa yang terpilih sebanyak 55 siswa yang mempunyai tipe kepintaran logika matematika.Metode pengumpulan data dalam dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan instrumen tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik nonparametrik, yaitu uji Spearman rank dan konkordansi rank kendall. Spearman rank digunakan untuk menganalisis hubungan antara optimisme dengan hasil belajar, self-esteem dengan hasil belajar dan optimisme dengan self-esteem. Sedangkan konkordansi rank kendall digunakan untuk menganalisis hubungan antara optimisme dan self-esteem dengan hasil belajar. Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan progam komputer Software Statistical Passage Social Science (SPSS) versi 21 for Windows dan perhitugan manual berbantu microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara optimisme siswa dengan hasil belajar matematika sebesar r_s=0,993(2) terdapat hubungan antara self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika sebesarr_s=0,985; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara optimisme dan self-esteem siswa sebesar r_s=0,991dan (4) terdapat hubungan antara optimisme dan self-esteem siswa dengan hasil belajar matematika sebesar W= 0,988.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Self esteem; harga diri; optimesme; hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosyida Elok | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2017 01:58 | ||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 06:35 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15481 |
Actions (login required)
View Item |