PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Dewi Niswatul (2017) PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa serta lemahnya proses kegiatan belajar mengajar yang masih terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya aktivitas belajar siswa di sekolah. subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Pakel Montong Tuban yang berjumlah 30 siswa.sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. dengan strategi ini siswa berperan secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga siswa akan lebih siap dan memahami suatu materi yang dipelajari. penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi rangkaian kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi catatan terbimbing pada pembelajaran materi zaman pra-aksara mata pelajaran IPS sudah terlaksana dengan lancar dan sangat baik. keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam memahami materi zaman pra-aksara. hal ini dibuktikan dengan nili yang dihasilkan siswa dalam melengkapi teks catatan terbimbing dengan prosentase ketuntasan klasikal 67% pada siklus I dan 76,6% pada siklus II. pembuktian juga dapat diketahui dari nilai siswa dalam mengerjakan soal uraian dengan prosentase ketuntasan klasikal 66,6% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Dewi Niswatuldewiniswatulfithriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah
Keywords: Strategi catatan terbimbing; Peningkatan pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fithriyah Dewi Niswatul
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:46
Last Modified: 23 Feb 2017 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item