This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Nahdiyatul (2017) Peningkatan pemahaman materi Isra Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui model course review horey Kelas IV di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas IV MINU Ngingas Waru pada materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pelajaran sejarah kebudayaaan islam. Guru yang masih menggunakan model lama yakni ceramah, sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Maka perlu diterapkannya model yang inovasi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, salah satunya yakni model course review horey.Rumusan masalah yang diambil penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman pada materi Isra’Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru.(2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru.Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan,(2)Pelaksanaan,(3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model course review horey pada siswa kelas IV MINU Ngingas Waru telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 80%, peningkatan terjadi pada siklus II memperoleh 92,1%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 75% dan pada siklus II memperoleh 90,9%. (2) adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata – rata siswa pada siklus I 74,1 dan siklus II 82,8. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 67,5% yang artinya cukup sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni 89,1% yang artinya baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||
Keywords: | Pemahaman; sejarah kebudayaan Islam; model course review horey | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Rohmah Nahdiyatul | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2017 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15543 |
Actions (login required)
View Item |