This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aziz, Wakid Abdul (2017) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat al Maun perspektif Tafsir al Misbah dan Tafsir al Maraghi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (932kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya kegelisahan tentang merosotnya akhlak di kalangan bangsa. Adanya tindak kriminal, kezaliman, Korupsi, Nepotisme, kemiskinan dan degradasi moral bangsa di semua kalangan masyarakat merupakan penyebab kemerosotan akhlak. Pendidikan adalah sebagai suatu alat untuk menanggapi permasalahan tersebut. Menyadari pentingnya kedudukan dan fungsi Al-Qur’an bagi umat manusia, maka dari keadaan inilah penulis tertarik untuk mengkaji lebih Mendalam Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misba Dan Al-Maraghi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi dan Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sumberdata primernya adalah Kitab Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi. Sedangkan data sekundernya buku-buku atau tulisan yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Untuk kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Metode yang digunakan adalah Metode rekord (dokumentasi) Dimana mencari dan menemukan data dengan cara membaca, mengkaji, mempelajari literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan dibahas, kemudian data yang diperoleh dikumpulkan, dan dianalisa dengan baik sesuai dengan aturan yang ditentukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Akhlak yang relevan dan sesuai dengan nilai Pendidikan Karakter yang dicanangkan oleh KEMENDIKBUD yang berjumlah 18 peneliti menemukan 5 kriteria nilai pendidikan karakter yang sama diantaranya pada nomor1. Religius, 2. jujur, 4. Disiplin, 5. Kerja keras, 6. Kreatif , 11. Cinta tanah air, poin 13. Bersahabat/Komunikatif, 14. Cinta Damai, 16. peduli lingkungan, 17. peduli social, 18. Tanggung jawab. Selengkapnya Nilai-nilai pendidikan Karakter yang peneliti temukan dalam nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-maun perspektif tafsir al-misbah dan al-maraghi yaitu Pentingnya penanganan dan pengelolaan anak yatim, Menyantuni Fakir Miskin, Taqwa (Tidak lalai dalam sholat) Akhlak Terpuji (Ihlas menjauhi sifat Riya’) dan yang terakhir adalah Memberi Bantuan menjauhi sifat kikir.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akhlak Akhlak > Akhlak Mulia Pendidikan |
||||||||
Keywords: | Nilai pendidikan; nilai akhlak | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Aziz Wakid Abdul | ||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2017 02:34 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:26 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15569 |
Actions (login required)
View Item |