This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholichah, Bilqis (2017) Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan pemahaman tentang zakat fitrah mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo tentang zakat fitrah mata pelajaran fiqih, karena metode yang digunakan oleh guru kurang efektif, akibatnya prosentase ketuntasan belajar siswa masih kurang. Oleh karena itu, perlu perbaikan metode pembelajaran yang dilakukan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode simulasi dalam meningkatkan pemahaman tentang zakat fitrah mata pelajaran fiqih pada siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman tentang zakat fitrah mata pelajaran fiqih setelah menggunakan metode simulasi pada siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode simulasi berjalan dengan baik, yang melalui tahapan kegiatan pembentukan kelompok, demonstrasi simulasi zakat fitrah, pengorganisasian peranan, pelaksanaan simulasi zakat fitrah, diskusi dan presentasi oleh kelompok serta evaluasi pemahaman tentang zakat fitrah. Terbukti dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan skor 76,78 dan meningkat pada siklus II menjadi 91,07 serta hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan skor 78,57 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,64. 2) Peningkatan pemahaman siswa tentang zakat fitrah setelah menggunakan metode simulasi meningkat dari prosentase ketuntasan belajar saat pra siklus sebesar 55,56%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 70,37%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman tentang zakat fitrah pada mata pelajaran fiqih di kelas IV MIN Buduran Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Zakat |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sholichah Bilqis | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2017 02:46 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2017 19:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15584 |
Actions (login required)
View Item |