This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sahidah, Nurmala (2017) Implementasi strategi question notes dalam meningkatkan pemahaman materi IPA siswa Kelas IV MIN Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah karena banyak ditemukan siswa kelas IV MIN Buduran yang tidak memahami materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat pada pembelajaran tematik dikarenakan salah satu penyebabnya ialah penggunaan strategi pembelajaran yang monoton, kurang efisien dan tidak mengacu dalam pengkajian dan pemahaman konseptual materi IPA yang dipelajari. Kemudian peneliti melakukan pengkajian ulang ilmu dan teori pembelajaran tematik dan karakteristik pembelajaran IPA sehingga ditemukan strategi baru dalam mata pelajaran ini khususnya untuk meningkatkan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat yakni dengan menggunakan strategi Question Notes.Kemudian muncul sebuah rumusan masalah yakni tentang bagaimana peningkatan pemahaman konseptual siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo dalam materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat dengan penerapan strategi Question Notes?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat siswa kelas IV MI Buduran Sidoarjo dengan penerapan strategi Question Notes. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 komponen yang berisi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diambil langsung dari obyek penelitian yakni siswa kelas IV MIN Buduran, Sidoarjo dengan jumlah 31 anak dalam satu kelas. Cara pengambilan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara kualitatif dengan metode kertas pena dan tes tulis.Hasil penelitian setelah melakukan siklus I dan II menunjukkan bahwa strategi Question Notes dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo terhadap materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat dengan prosentase kenaikan ketuntasan belajar siswa sebanyak 38,64 %, data ini diperoleh dari perbandingan data siklus I dengan data siklus II, dalam siklus pertama tercatat prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45,16 % dan setelah dilakukan siklus kedua tercatat kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83,8 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Question Notes dapat meningkatkan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat pada siswa kelas IV MIN Buduran, Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak | ||||||||
Keywords: | Pemahaman konseptual; karakteritik pembelajaran IPA; strategi question notes | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Sahidah Nurmala | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2017 01:41 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15606 |
Actions (login required)
View Item |