Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat dalam mengimplementasikan branding sebagai pondok kewirausahaan dan implikasinya terhadap jiwa kewirausahaan santri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufa'izah, Mufa'izah (2017) Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat dalam mengimplementasikan branding sebagai pondok kewirausahaan dan implikasinya terhadap jiwa kewirausahaan santri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang apa dan bagaimana strategi Pondok Pesantren Sunan dalam mengimplementasikan branding sebagai pondok kewirausahaan dan bagaimana implikasinya terhadap santri serta faktor apa yang menjadi penghambat dna pendukung dalam pengimpleementasian branding sebagai pondok kewirausahaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan informan dalam penelitian ini, yaitu Kepala perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat beserta staff dan santri Pondok Pesantren Sunan Drajat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Sunan drajat dalam mengimplementasikan branding sebagai pondok kewirausahaan dilakukan dengan cara sebagai berikut : Pengitegrasian ke dalam lembaga formal (kurikulum), Pengintegrasian ke dalam Lembaga non Formal (Pengajian), Pelatihan dan Praktik Lapangan. Dari kelima strategi yang paling berpenggaruh dalam jiwa kewirausaahaan santri adalah pengajian yang dilakukan oleh kiai, hal tersebut dapat dibuktikan dari 10 Informan yang telah dikumpulkan oleh peneliti 7 diantaranya termotivasi untuk membuka usaha dari nasehat, motivasi yang diberikan oleh kiai. Faktor yang membuat pengajian yang dilakukan oleh kiai menjadi sangat berpengaruh dikarenakan keberadaan kiai yang menjadi sentral pondok pesantren dan juga seringnya pengajian yang dilakukan oleh kiai berbeda dengan strategi yang lain. Faktor pendukung pengimplementasian branding sebagai pondok kewirausahaan adalah terdapatnya berbagai macam usaha dengan berbagai bidang yang berbeda dalam pondok pesantren, terlibatnya santri dalam unit usaha pondok pesantren, dukungan yang penuh dari pengasuh pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya anatara lain : Kurangnya kesadaran santri mengenai enterpreuner, padatnya jadwal kegiatan santri, dan Minimnya SDM. Melihat keadaan santri tersebut hendaknya Pondok Pesanren Sunan Drajat, untuk lebih memaksimalkan strategi branding kewirausahaan yang tidak hanya terpusat pada pengasuh dan ustadz tetapi juga pada kurikulum lembaga formal. Hendaknya pengintegrasian kurikulum kewirausahaan kedalam lembaga formal melibatkan semua lembaga formal yang ada di Pondok pesantren Sunan Drajat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufa'izah, Mufa'izahizahmufa@gmail.comC74213127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Branding; pondok kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mufa'izah Mufa'izah
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:55
Last Modified: 22 Oct 2024 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item