This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufarohah, Siti (2017) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING TEKS DENGAN METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS III MI ISLAM PUCANGRO KALITENGAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang pembelajaran Bahasa Indonesia di MI ISLAM Pucangro yang cenderung membosankan dan kurang menarik, apalagi siswa yang cenderung malas membaca, dan kurang tekun ketika mendapat tugas. Banyak siswa yang kurang tertarik dengan materi membaca nyaring, sehingga siswa kurang memiliki motivasi membaca, selain itu peneliti juga melihat guru yang kurang inovasi dalam pembelajaran membaca nyaring. Penelitian ini dilaksanakan di MI ISLAM Pucangro Kalitengah Lamongan kelas III yang berjumlah 40 siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia kelas III MI ISLAM Pucangro Kalitengah Lamongan sebelum menggunakan metode reading guide?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI ISLAM Pucangro Kalitengah Lamongan dengan menerapkan metode Reading Guide?, (3) Bagaimana peningkatan motivasi membaca siswa setelah menerapkan metode reading guide pada siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI ISLAM Pucangro Kalitengah Lamongan? Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) menurut Kurt Lewin dengan menggunakan penelitian data kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, lembar kerja dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan rumusan presentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan metode Reading Guide pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca nyaring menunjukkan peningkatan yang sangat baik antara pra siklus dengan siklus I & II. Hal itu dibuktikan dengan perolehan pada angket pra siklus skor perolehan 69 dengan persentase motivasi rendah 42,50%, hal ini terjadi karena siswa memiliki motivasi yang rendah saat pembelajaran, untuk angket siklus I skor perolehan 75 dengan persentase motivasi tinggi 65%, pada siklus I semangat belajar sudah meningkat namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan. Sedangkan angket siklus II skor perolehan 82 dengan presentase motivasi tinggi 80%, siswa sudah terkondisi dan motivasi belajar mereka sudah meningkat dibandingkan siklus sebelumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Motivasi Belajar Pendidikan |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar Bahasa Indonesia; Membaca Nyaring; Metode Reading Guide | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mufarohah Siti | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2017 06:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2017 06:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15647 |
Actions (login required)
View Item |