PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PUASA RAMADHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KELAS IIIA SD YAMASTHO RUNGKUT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmaghfiroh, Rida (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PUASA RAMADHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KELAS IIIA SD YAMASTHO RUNGKUT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran di sekolah kurang bervariasi sehingga siswa sulit untuk memahami materi. Idealnya, proses pembelajaran disekolah menggunakan pembelajaran yang PAIKEM. Sehingga siswa mampu memahami materi dengan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model NHT (Numbered Heads Together) pada pembelajaran fiqih materi puasa ramadhan, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas IIIA SD Yamastho Rungkut Surabaya pada materi puasa ramadhan setelah menggunakan penerapan model NHT. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT. (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IIIA setelah diterapkannya model pembelajaran NHT pada materi puasa ramadhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian kelas IIIA SD Yamastho Rungkut Surabaya yang berjumlah 32 siswa. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data tes tulis siswa dianalisis berdasarkan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Model penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terbagi dalam kelompok besar yang berjumlah 6 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Kemudian, pada siklus II terbagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan maksimal 3 orang. (2) Terdapat peningkatan pemahaman siswa pada materi puasa ramadhan mata pelajaran Fikih kelas IIIA SD Yamaastho Rungkut Surabaya dengan kategori Baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 60.26 dengan prosentase sebesar 46,875% Sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 77.4 dengan prosentase 84,375%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmaghfiroh, Ridariefakalmarzuqi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Puasa; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilmaghfiro Rida
Date Deposited: 01 Mar 2017 06:48
Last Modified: 01 Mar 2017 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15720

Actions (login required)

View Item View Item