This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zamani, Aulia Farida (2017) Peran Lembaga Management Infaq (LMI) program Semanggi Sukolilo dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru TPQ di Medokan Semampir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an adalah petunjuk hidup manusia, petunjuk manusia dalam berbuat sesuatu dalam hidup mereka, petunjuk mereka dalam kesesatan. Dengan adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an membatu anak-anak untuk belajar membaca AlQur’an dengan benar dan tepat. Sadar akan pentingnya kedudukan dan keberadaan TPQ yang senantiasa dituntut maju, kreatif, dan ikhlas, oleh karena itu, untuk mendukung guru yang profesional dibutuhkan pembinaan. Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan bagaimana peran Lembaga Management Infaq (LMI) program Semanggi dalam meningkatan kompetensi profesionalisme guru TPQ di Medokan Semampir Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang di ambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan LMI program Semanggi dalam peningkatan profesionalisme guru TPQ sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan diberbagai aspek, baik dalam pelaksanaan maupun prakteknya. Tetapi secara teoritis sudah berusaha menjalankan kegiatan dengan baik, dan bila hal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka cita-cita menciptakan guru TPQ yang profesional akan berhasil. Adapun kegiatan yang diadakan LMI proram Semanggi dalam meningkatkan profesionalisme guru TPQ diwujudkan dalam berbagai bentuk pembinaan, pelatihan, penataran, dan seminar. (2) Peran LMI prgam Semanggi dalam peningkatan Profesionalisme guru TPQ di Surabaya belum berhasil secara maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya guru TPQ yang menggunakan metode pembelajaran klasik dan masih banyak guru TPQ yang kurang menguasai materi pembelajaran dengan baik walaupun LMI program Semanggi sudah berupaya meningkatkan profesionalisme para guru TPQ melalui program-programnya. Hal ini karena beberapa kendala baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan LMI program Semanggi mendapatkan dukungan dan bantuan dari semua elemen masyrakat dan pemerintah sehingga peran LMI program Semanggi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||
Keywords: | Program Semanggi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Zamani Aulia Farida | ||||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:07 | ||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15724 |
Actions (login required)
View Item |