This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Susilaningtyas, Yullia (2017) Penerapan cooperative learning tipe treffinger untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga siswa Kelas VI di Maarif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (689kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dikarenakan siswa kurang berani dalam mengungkapkan gagasan sehingga pemahaman siswa rendah. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut diambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. (2) mengetahui peningkatan pemahaman materi kenampakan alam dan sosial pada siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Treffinger pada materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 72,2% meningkat menjadi 91,6% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 68,75% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,76 menjadi 82,80 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% menjadi 92,30% pada siklus II dengan katagori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; IPS; cooperative learning tipe treffinger | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Susilaningtyas Yullia | ||||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2017 03:36 | ||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15726 |
Actions (login required)
View Item |