This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Oktaviasari, Nur Islami (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM)PADA MATERI SPLDV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangin oleh fenomena bahwa masih banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika, dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konten mata pelajaran dan kemampuan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan yang merupakan hal paling mendasar dalam tujuan pembelajaran. Di lain pihak untuk menghindari pembelajaran yang konvesional, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi juga dapat mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasarkan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang tepat dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi Mathematical Habits of Mind (MHM), yang dapat membantu siswa mengaitkan konten pelajaran dan konteks kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) untuk kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE. Terdiri atas lima tahap. Kelima tahap tersebut adalah tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran terdiri atas RPP dan LKS, dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Uji coba dilakukan pada 22 siswa kelas VIII-B SMP Baitussalam Surabaya. Data dikumpulkan melalui empat cara, yaitu metode kuisioner (angket), observasi, tes, dan data validasi ahli. Metode kuisioner untuk mengetahui respon siswa. Metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas guru. Metode tes untuk mengetahui penilaian hasil belajar siswa. Data validasi ahli untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran dari para ahli. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (3,75), kevalidan LKS berkategori valid (3,89), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal dengan toleransi 5%), respon siswa memenuhi kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara klasikal 86%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Oktaviasari Nur Islami | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2017 06:09 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2017 06:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15752 |
Actions (login required)
View Item |